Bilingual 

4 CARA MENINGKATKAN PENJUALAN

Tiga 4 cara utama untuk meningkatkan penjualan
Ada 4 cara utama untuk meningkatkan penjualan outlet, tinggal kita menetapkan berapa besar prosentase kenaikan yang kita inginkan dari masing-masing variable yang mempengaruhi penjualan. Ketiga cara tersebut adalah :
1.    Meningkatkan jumlah prospek yang potensial menjadi pelanggan outlet kita, caranya dengan memperluas wilayah promosi. Bagaimana kita akan mendapatkan prospek baru jika mereka tidak mengenal produk kita. Maka dari itu biaya promosi memang harus dianggarkan setiap bulan. Di dalam analisa pengembalia modal waktu pertama kali dipresentasikan Amazy, ditetapkan biaya promosi 3% dari omzet, misalnya omzet 50 juta sebulan berarti biaya promosi yang harus kita anggarkan adalah 1,5 juta. Jangan berpikir 1,5 juta itu sebagai beban, tapi kita anggap sebagai investasi untuk mendatangkan pelanggan baru. Dengan kita mengeluarkan biaya 1,5 juta; kita harus mendapatkan kenaikan omzet misalnya 10% dari omzet bulan sebelumnya. Sehingga biaya yang kita keluarkan tersebut bisa kita dapatkan kembali.
2.    Tingkatkan jumlah tamu yang datang ke outlet kita. Jika kita punya pengunjung 500 orang setiap bulan, coba tingkatkan menjadi 550 orang atau 10% dari bulan sebelumnya setiap bulan. Caranya bisa dengan program member get member
3.    Tingkatkan daya beli rata-rata setiap tamu. Jika biasanya rata-rata pembelian setiap tamu adalah Rp 20.000, usahakan agar rata-rata pembeliannya menjadi Rp 22.000,- atau naik 10%. Ini bisa dilakukan kalau kasir aktif dalam up-selling. Jangan biarkan kasir di outlet kita hanya pasif. Ingat extra selling = extra income.
4.    Tingkatkan siklus pembelian dari setiap pelanggan. Jika biasanya pelanggan datang ke outlet kita hanya 1 minggu sekali, buat mereka datang 1 minggu 2x.

Ilustrasinya seperti ini :
Omzet bulan Januari Rp 50 juta
Rata-rata pembelian per orang Rp 20.000
Jadi jumlah pembeli per bulan = 2.500 orang

Untuk meningkatkan jumlah penjualan, masing-masing variable kita tingkatkan 10%:
Naikkan rata-rata pembelian 10%, menjadi Rp 22.000/orang
Naikkan jumlah pengunjung 10%, menjadi 2.750 orang/bulan
Maka omzetnya akan naik menjadi = 2.750 orang x Rp 22.000 = Rp 60.500.000 per bulan
Dengan berusaha meningkatkan jumlah pengunjung dan meningkatkan jumlah pembelian per pengunjungnya 10% saja, maka omzet secara keseluruhan naik 21% dari omzet bulan sebelumnya.

Jika hanya 1 variabel saja yang bisa tercapai, misalnya karena kasir terus aktif meningkatkan jumlah pembelian maka ilustrasinya seperti ini:
Omzet = 2.500 orang x Rp 22.000/orang/pembelian = Rp 55.000.000 per bulan, atau naik 10% dari omzet bulan sebelumnya

Kalau kasir di outlet kita berusaha semaksimal mungkin, kenaikan 10% dari rata-rata pembelian per pengunjung tidak akan sulit. Misalnya dengan cara menawarkan minuman jus, menu potatoes atau minuman lainnya.